My Greeting

Jadilah Diri Sendiri, dan Bangga Menjadi Diri Sendiri dengan Selalu Berterima Kasih Kepada Tuhan

" Hidup hanya Sementara dengan Batas Masa yang Telah Ditentukan Disertai dengan Kemampuan Akal dan Hati yang Luar Biasa yang Mampu Mengubah Keajaiban Kehidupan Kita Bahagia di Dunia dan Akhirat ".

Kamis, 19 Mei 2011

Strategic Management (5)

STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN

1.    Sejarah diversifikasi perusahaan
Diawal menjelang akhir tahun 1970-an dan khususnya melalui pertengahan tahun 1980-an, trend yang disignifikan menuju pemusatan kembali perhatian ke bisnis-bisnis inti dan melepaskan bisnis-bisnis yang tidak berkaitan dengan bisnis inti bermuculan di banyak perusahaan.  Akibatnya pada tahun 1988, persentase perusahaan – perusahaan bisnis tunggal atau bisnis dominan menurut daftar 500 fortune telah meningkat sampai 53%. Walaupun banyak perusahaan diversifikasi menjadi semakin focus, trend ini agak tertutupi karena diverisifikasi internasional yang eksentif yang tidak dimasukkan dalam statistic.

Trend menuju diversifikasi produk ini paling signifikan terjadi diantara perusahaan-perusahaan AS. Namun demikian, organisasi-organisasi bisnis berukuran besar di Eropa, Asia dan bagian lain di dunia industry juga telah menerapkan strategi diversifikasi. Diversifikasi yang kemudian diikuti dengan restrukturisasi ini mencerminkan tindakan-tindakan perusahaan di Amerika Serikat dan Inggris.

2.    Jenis tingkatan diversifikasi
Tingkat diversifikasi sebuah perusahaan merupakan sebuah fungsi insentif yang mendorong perusahaan harus melakukan diversifikasi, sumberdaya dan motif-motif manajemen untuk melakukan diversifikasi.
Perusahaan-perusahaan melakukan diversifikasi bervariasi menurut tingkat diversifikasi dan hubungan antara dan diantara bisnis-bisnis mereka, diantaranya :
a.       Diversifikasi Tingkat Rendah
Sebuah perusahaan yang mengejar diversifikasi tingkat rendah memusatkan usahanya pada bisnis tunggal atau bisnis dominan. Wrigley Jr. Company merupakan salah satu contoh perusahaan dengan sedikit diversifikasi. Fokus utamanya adalah pada pasar permen karet.

b.      Tingkat Diversifikasi Moderat sampai Tinggi
Ketika volume penjualan sebuah perusahaan 30% lebih dari bisnis dominannya dan ketika bisnis-bisnisnya saling berkaitan satu sama lain dengan cara tertentu, perusahaan itu diklasifikasikan sebagai perusahaan diversifikasi yang berkaitan.

Perusahaan diversifikasi tingkat tinggi, yang bisnis-bisnisnya tidak saling berkaitan, disebut sebagai perusahaan diversifikasi tidak berkaitan. Contoh perusahaan yang tidak berkaitan adalah Tenneco, Textron, dan Samsung yang telah merestrukturisasi kegiatan operasinya setelah krisis Asia.

Jadi diversifikasi berkaitan dengan menciptakan nilai dari berbagai aktifitas atau mentransfer kompetensi inti.



3.    Apa yang dimaksud dengan kinerja rendah..
“Kinerja tinggi menghilangkan kebutuhan akan diversifikasi  yang lebih besar”, seperti dalam contoh Wrigley, kinerja rendah dapat memberikan insentif bagi diversifikasi. Kinerja buruk dapat meningkatnya diversifikasi. Namun demikian, tingkat keuntungan rendah berkelanjutan yang diikuti dengan diversifikasi, khususnya jika sumber daya ada untuk mengerja diversifikasi. Namun demikian, tingkat keuntungan rendah berkelanjutan yang diikuti dengan diversifikasi tambahan dapat memperlambat langkah diversifikasi dan bahkan dapat mengakibatkan pelepasan unit-unit bisnis.

Keberhasilan diversifikasi tidak berkaitan dengan dicapainya efisiensi dan alokasi sumberdaya atau merestrukrisasi aktiva perusahaan dan menempatkannya dibawah control keuangan yang ketat.


TERIMA KASIH

Tidak ada komentar: