Apa yang dimaksud dengan sistem informasi?
yaitu : seperangkat komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan ( atau mendapat kembali), proses, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan mengendalikan di dalam suatu organisasi. Dimensi dari Organisasi Teknologi Manajemen sistim informasi adalah suatu bisnis yang perspektif pada asset sistim informasi yang komplementer, bukan hanya sekedar perspektif bisnis pada informasi sistem. Komplementer asset merupakan modal manajemen dan organisasi dan merupakan bentuk bisnis yang benar, yakni :
Asset Organisasi berupa :
- Yang mendukung culture organisasi dalam pengambilan keputusan kebijakan model bisnis yang efektif dan efisien.
- Yang sesuai dengan model bisnis
- Kekuasaan Disentralisasi
- Memberikan keputusan yang bijak
- Memperkuat pengembangan team dalam informasi sistem
- Memperkuat dukungan manejemen senior dalam investasi teknologi dan perubahan
- Insentive bagi inovasi manajemen
- Kerjasama kelompok dan Lingkungan kerja yang kolaboratif
- Program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan keputusan manajemen
- Kultur manajemen yang bernilai fleksibel dan keputusan berdasarkan pengetahuan
Mengapa? karena SI mengintegrasikan 3 komponen penting yaitu Organisasi , Tehnologi dan Manajemen. Menggunakan SI secara efektif memerlukan suatau pemahaman dari organisasi, manajemen dan teknologi informasi yang membentuk satu kesatuan sistem. Suatu sistem informasi menciptakan nilai untuk perusahaan sebagai suatu organisasi dan solusi manajemen untuk menghadapi beraneka macam tantangan lingkungan luar dan dalam. Ada beberapa pendekatan kontempori yang digunakan dalam SI yaitu pendekatan tehnis dimana penekanan pada model matematika sebagai dasar belajar SI, pendekatan tingkah laku berkonsentrasi pada perubahan di dalam sikap, manajemen dan kebijakan organisasi serta prilaku, dan pendekatan teks berupa sistem tehnis sosial bersama-sama keduanya dioptimimumkan.
E-Business Global: Bagaimana Sistim Informasi Penggunaannya dalam Bisnis
Proses Bisnis
Faktor lingkungan dan aplikasi perusahaan memaksa bisnis untuk menguji proses yang merekala lakukan seperti cara pekerjaan diorganisir, dikoordinir, dan difokuskan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa pelayanan yang berharga atau bernilai. Dan mewujudkan arus pekerjaan dari material, informasi dan pengetahuan - set aktivitas.Selain itu SI juga membantu organisasi untuk mencapai efisien besar dengan mengotomatiskan bagian-bagian dari proses dan memikirkan kembali serta mengefektifkan proses
Contoh dalam bisnis proses :
- Manufacturing and Production yaitu mengumpulkan produk, pemeriksaan kualitas, dan memproduksi daftar kebutuhan bahan
- Sales and Marketing yaitu mengidentifikasi customers, membangkitkan kesadaran customer, dan penjualan.
- Finance and Accounting yaitu pembayaran kreditor, membuat laporan keuangan, dan mengatur akun tunai.
- Human Resources yaitu merekrut karyawan dan menilai capaian kerja karyawan
Contoh Bagaimana IT Membawa Dampak Positif dalam Bisnis :
- Penyewaan sebuah bioskop
- Download musik
- Pemesanan buku
- Membeli dan penyewaan mobil dll
- Membayar segala jenis rekening pembayaran
- Berbagi pengetahuan karyawan
- Dan sebagainya...
Informasi Sistem dan Strategi Bisnis
Fungsi SI pada Organisasi atau Perusahaan
Perusahaan mempunyai satu unit SI departemen yang bertanggung jawab penuh atas jasa atau pelayanan IT. Anggota IT devisi terdiri dari para programmer system, CIO, Kepla database network, Manager proyek, petugas, serta ke costumer ( yang memakai pelayan SI diluar SI departemen sendiri.
Dampak SI pada perusahaan adalah :
- Meningkatkan fleksibilitas kemampuan dari organisasi untuk berinteraksi terhadap perubahan dan pengambilan keuntungan dan peluang baru
- Internet dapat membantu distribusi dari informasi dan pengetahuan untuk perusahaan bisnis, dapat menurunkan biaya-biaya agen perusahaan, dan membangun sistem bisnis yang cepat seperti pembelian dan pemesanan online
- Resistensi perusahaan untuk berubah
- Mengikat aset managerial dan organisasi
Dampak SI pada Strategi Bisnis adalah dapat menentukan strategi bisnis perusahaan seperti produk dan jasa suatu perusahaan; Industri dimana perusahaan bersaing; para kompetitor, pelanggan, penyalur dari perusahaan dan tujuan jangka panjang perusahaan.
Manajemen Issue
- Peluang yakni dimana perusahaan menghadapi suatu arus yang berkelanjutan dari peluang IT-based untuk mencapai keuntungan strategis; beberapa perusahaan menghadapi rintangan yang besar dalam menerapkan sistem jaman ini yang sering berubah-berubah.
- Tantangan, dimana beberapa perusahaan menghadapi rintangan yang besar dalam menerapkan sistem jaman ini yang sering berubah-rubah, sekali sekita suatu keuntungan divapai ada berbagai kesulitan dalam mendukung keuntungan dan organisasi sering tidak bisa cepat mengakomodasi tehnologi yang baru yang sering berubah-rubah.
- Para manajer tidak bisa tergantung pada SI yang profesional untuk menceritakan kepada mereka sekitar peluang yang strategis
- Para manajer harus memahani apa yang sedang terjadi pada industri mereka secara menyuluruh dan khususnya pada aturan tehnologi
- Berfikir terus untuk bagaimana melakukan perubahan-perubahan..
Issue Sosial dan Etis pada Perusahaan Digital
Yang dimaksud dengan Etis adalah :
- Etika adalah prinsip dari hak/ kebenaran dan bersalah kepada seseorang yang digunakan oleh individu dalam bertindak sebagai agen moral untuk membuat aneka pilihan untuk memandu perilaku mereka.
- Informasi teknologi bergerak sangat cepat sehingga mempengaruhi kepada etika
- Teknologi memperkenalkan kemanpuan yang mustahil beberapa tahun yang lalu. Ini adalah berkenaan dengan teknologi informasi dan bioteknologi.
E-Commerce: Markets yang digital, Barang-Barang yang digital
E-Commerce berhubungan dengan proses untuk membeli dan menjual barang-barang dan jasa secara elektronis sedangkan E-Business adalah penggunaan dari Internet dan IT untuk melaksanakan semua proses bisnis untuk perusahaan [itu]. E-Business meliputi e-commerce, adalah semua proses yang internal, dan koordinasi dengan mitra bisnis seperti pelanggan dan para penyalur.
E-Commerce Hari Ini
Data Statistik menunjukkan :
- 2007 konsumen menjual $ 180 milyar
- Di AS diatas 160 juta orang-orang adalah online, diatas 50%; diseluruh dunia 1 milyar terhubung
- Rata-rata 70 juta orang online, 140 juta mengirim email, 5 juta tulis pada blogs mereka, 4 milyar musik dan saham
- Sekitar 1 dalam tiap-tiap detik 3 orang Amerika telah membeli sesuatu dengan cara online
- B2B perdangangan lebih dari $ 2 trilyun
- Transformasi Bisnis: Gelombang pertama dan gelombang kedua, e-commerce yang luas, demographic online, dan keterlibatan bisnis-bisnis kecil.
- Perubahan Teknologi : wireless, podcasting, perluasan koneksi, RSS format dari sistem distribusi, menghitung harga jatuh dan networking komponen,
- Model Bisnis Baru : User-generated dalam wujud blog dan jaringan sosial, surat kabar dan media lain yang diadopsi, model interaktif online, seluruh populasi internet bergabung dengan diam-diam suatu kelompok sosial di Internet.
Mengapa Sistem Informasi E-Commerce yang Berbeda karena :
- Sifatnya ada dimana-mana (unbundling dari produk dan info produk)
- Keterjangkauan Dunia
- Standar universal ( pengurangan didalan biaya-biaya masukan dan biaya-biaya pencarian
- Kesempurnaan
- Inter Aktifitas
- Kepadatan informasi ( asimetri informasi ) : diskriminasi harga dan transparansi harga dan biaya
- Personalisasi dan Customisasi
- Ketidaksamaan antara informasi didalam pasar yang digital dengan pasar tradisional
- Biaya-biaya dari perubahan harga ( biaya-biaya utama) di dalam pasar digital dengan pasar tradisional
- Penetapan harga yang dinamis atau diferensial yang menetapkan harga didalam pasar digital melawan pasar tradisional.
- Disintermediasi
- Pure-play bisnis ( klik dan mortal )
Tipe E - Commerce
- Business To Customer ( B2C): penjualan eceran dari produk dan jasa secara langsung bagi pelanggan individu (Amazon.Com, Wal-Mart.Com)
- Business To Business ( B2B) : Penjualan dari barang-barang dan jasa bagi bisnis yang lain ( Grainger. Com, Ariba. Com)
- Consumer To Consumer ( C2C) : Individu yang menggunakan Web untuk penjualan pribadi atau pertukaran . ( eBay.Com)
- M-Commerce : penggunaan handled wireless untuk membeli produk dan jasa dari berbagai lokasi, pelayanan keuangan, advertising reklame, game, dan hiburan.
- Government To Consumer ( G2C) , Government To Business ( G2B) dan Goverment To Goverment ( G2G).
Demikian dan Terima Kasih
Sitti Zubaidah Dacha
Mahasiswi Magister Management - University Syiah Kuala Banda Aceh
Angkatan LI/ A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar